Kerja Keras H-2 FKT

Kelemahlembutan menjadi salah satu gerakan yang diperagakan

Senja menjelang malam (2/8), manakala seratusan anak dan remaja masih antusias berlatih mementaskan sebuah tarian kolosal. Halaman gereja Bonoharjo yang biasa lengang, tampak hiruk-pikuk oleh gerakan atraktif dan suara gending bertalu menggeber semangat muda.

Tidak seperti biasanya, kaum muda bisa berkumpul dalam jumlah besar karena magnet kesatuan bernama budaya. Puluhan penonton dari berbagai usia, dusun, desa, dan agama juga tampak berdiri berjubel, menyatu tanpa sekat, menikmati perpaduan gending dan tari tersebut.

                      Adegan utama

Itulah situasi dua hari menjelang pagelaran Festival Kesenian Tradisional (FKT) 2017 yang akan diselenggarakan di Lapangan Demangrejo. Agattia Septarini dengan bersemangat terus melatih dan memotivasi para penari yang akan mengambil lakon Yuyu Kangkang. Adegan dimulai dari masuknya para OMK yang memerankan ibu-ibu dalam sebuah masyarakat. Gending pun makin rampak manakala puluhan beyes (anak kepiting) masuk mengobrak-abrik suasana damai para anak-anak yang sedang bercengkerama dengan ibunya. Sketsa berpindah ke dalam seting para remaja cantik memesona para “kleting” yang memeragakan gerakan indah nan gemulai. Cerita terus mengalir dengan munculnya pimpinan para beyes dan kepiting, yaitu Si Yuyu Kangkang.

             Briefing para penari

                               Gending pengiring

Di waktu yang sama namun di lokasi yang berbeda, para petugas among tamu tampak berdiskusi dan gladi resik di rumah Alg. Sriyanto. Di rumah Pantaleon Suharyanto juga tampak beberapa OMK nglembur membuat perangkat pentas. Tidak ketinggalan pula, puluhan panitia FKT terjaga dan bekerja keras mendekorasi panggung yang telah berdiri megah di tengah Lapangan Demangrejo.

Logo lakon Yuyu Kangkang

Penasaran dengan kelanjutan lakon Yuyu Kangkang dan kemeriahan FKT yang rencananya akan dihadiri oleh pribadi-pribadi hebat seperti Hasto Wardoyo (Bupati Kulon Progo) dan Uskup Gustavo Adrian Benitez (Executive Secretary FABC/ Federation of Asian Bishops’ Conferences) dari Argentina yang saat ini berkarya di Kamboja?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s