Arsitek di Balik Atraktifnya Tari Kolosal Yuyu Kangkang

Hajatan besar FKT 2017 akan segera digelar (4/8) di Lapangan Demangrejo pukul 13.00-22.00 WIB. Bonoharjo sebagai tuan rumah sekaligus penampil akan mempersembahkan Tari Kolosal Yuyu Kangkang. Dengan kurang lebih 100 penari, lakon tersebut akan disajikan pada urutan kedua.

Agattia Septarini (dok. whats app)

Ada sosok hebat dibalik rencana pementasan Yuyu Kangkang. Agattia Septarini, biasa dipanggil Mbak Tiya, dialah arsitek para penari Bonoharjo. Tiya lahir pada September 1989. Menyelesaikan pendidikan dasar di SD Negeri Srikayangan dan SMP Negeri 2 Pengasih. Pendidikan menengah ditempuh di SMA Negeri 1 Lendah. Jenjang pendidikan tinggi diselesaikan pada tahun 2011 di Jurusan Pendidikan Seni Tari, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kisah ketertarikan seni tari dimulai sejak usia anak-anak. Berawal dari hobi, makin dewasa makin digeluti dan merasa nyaman dengan hobi tersebut. Ia pun memiliki sanggar tari yang diberi nama Sanggar Timbang Doland di Dusun Pendem, Desa Srikayangan. Sanggar tari ini berdiri tahun 1998. Beberapa tahun kemudian sempat vakum dengan minimnya kegiatan budaya di daerah. Setelah lulus S1, Tiya fokus menghidupkan kembali sanggar tari tersebut. Berbagai prestasi telah diraih. Mereka telah terbiasa pentas di tingkat dusun sampai kabupaten. Anak didik banyak yang menjuarai berbagai even lomba di tingkat kabupaten. Pada 15/8/2017 nanti, Sanggar Timbang Doland bahkan ditunjuk oleh Dinas Kebudayaan Kulon Progo untuk pentas sebagai sanggar penggiat seni di Kecamatan Sentolo.

Melatih para penari Bonoharjo

“Saya mengikuti FKT dari awal mulanya dulu dan sejauh ini event ini semakin bekembang ke arah yang lebih baik” kata Tiya di sela-sela kesibukannya. Dia berharap agar FKT ke depannya diikuti oleh semakin banyak peserta dan lebih beragam lagi garapannya. “Semoga akan makin nampak keragaman kreativitas meskipun pendukungnya bukanlah 100% seniman profesional” pungkasnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s